Tambah Kawasan Mangrove, Bupati Pemalang Mukti Agung: Kita Siap Kembangkan Potensi Wisata Hutan Mangrove

PEMALANG - Tekad Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengembangkan sektor wisata di daerahnya sangat serius dan tidak main-main, Selasa (12/10).

Melalui program dewi atau desa wisata, dia mendukung serta mendorong seluruh desa agar bisa menggali potensi wisata di wilayahnya masing-masing.

Kali ini, Orang Nomor Wahid di Pemalang bahkan siap mengembangkan wisata mangrove di sepanjang wilayah pesisir pantai. Hal itu dia sampaikan di sela-sela kegiatan penanaman pohon mangrove di Pantai Muara Indah Desa Asemdoyong Kecamatan Taman.

"Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian. Karenanya kita siap membuka peluang investasi wisata hutan mangrove untuk pemulihan ekonomi di Pemalang," ujarnya.

Diuraikanya, melalui sektor wisata hutan mangrove dan potensi pesisir pantai lainnya, peluang usaha masyarakat sekitar akan semakin terbuka lebar. Jika upaya ini berjalan, menurutnya, akan turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan.

Diketahui, salah satu wisata mangrove yang sudah berjalan di Pemalang adalah di pantai Desa Mojo Kecamatan Ulujami.

Dari sana pula, masyarakat setempat kemudian mengembangkan batik mangrove yang ramah lingkungan karena pewarnaanya memanfaatkan tanaman mangrove, dari mulai akar, batang, buah, maupun bunganya.

Selain menjadi potensi wisata, menurut Agung, penanaman mangrove ini juga merupakan upaya pelestarian lingkungan untuk mencegah penyempitan garis pantai.

"Saat ini upaya penyelematan lingkungan dan penghijuan sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi, kita mendukung dan mari bersama-sama untuk menjaga dan merawat sabuk hijau pohon mangrove yang sudah ditanam ini," pungkasnya. (sul/zul)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru