Tarik Minat Lansia untuk Vaksin, Kecamatan Larangan Bakal Siapkan Hadiah Motor

BREBES - Berbagai upaya saat ini terus dilakukan dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes. Salah satunya di Kecamatan Larangan yang bakal memberikan hadiah sebuah motor pada lanjut usia (Lansia) yang ikut vaksinasi diperiode 27 Oktober hingga 26 November mendatang.

Camat Larangan Eko Supriyanto membenarkan terkait upaya memaksimalkan percepatan vaksinasi Covid-19 lansia berhadiah sepeda motor tersebut.

Menurutnya, saat ini persentase percepatan vaksinasi lansia di Kecamatan Larangan belum memenuhi target. Karenanya, perlu ada upaya lain dalam menarik minat warga agar mau divaksin.

"Dari target 11.146 lansia yang akan mendapatkan vaksinasi, saat ini baru ada 33,46 persen atau 3.750 orang lansia yang sudah divaksin," ujarnya.

Dijelaskannya, dengan disiapkan hadiah sepeda motor diharapkan nantinya minat lansia di Larangan untuk ikut vaksinasi akan meningkat. Sehingga, target 40 persen lansia untuk divaksin bisa terpenuhi.

"Kegiatan vaksinasi berhadiah motor ini kita lakukan sebagai upaya percepatan pencapaian target vaksinasi lansia minimal 40 persen. Harapan kami dengam adanya kegiatan ini target vaksinasi bisa tercapai di atas 50 persen sasaran lansia di wilayah Kecamatan Larangan," jelasnya.

"Bahkan jika ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes mencukupi, kita berharap memacu percepatan vaksinasi umum di wilayah Kecamatan Larangan," lanjutnya.

Meski begitu, kata dia, ada berbagai syarat dan ketentuan dalam mengikuti vaksinasi berhadiah motor untuk lansia di Larangan ini. Di antaranya, lansia tervaksin dalam periode undian (27 Oktober sampai 26 November) berhak mendapatkan satu kupon, masyarakat dan kader yang membawa lansia tervaksin berhak mendapatkan satu kupon.

Selain itu, target capaian minimal vaksinasi lansia 50 persen. Apabila sampai dengan 27 Noplvember 2021 belum mencapai target, maka undian diperpanjang satu minggu. Serta, sepeda motor On The Road (OTR) (pajak dan BBN ditanggung pemenang).

"Seperti kita ketahui, salah satu komponen persyaratan berlakunya PPKM Level 2 adalah capaian vaksinasi lansia minimal 40 persen dan capaian vaksinasi secara keseluruhan 50 persen penduduk sasaran vaksinasi Covid-19. Jadi, kita harapkan target tersebut bisa terpenuhi di Kecamatan Larangan," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru