Tauco, Mutiara Tersembunyi Oleh-oleh Khas Tegal

TEGAL - Aroma soto tauco yang khas merebak ketika memasuki warung legendaris di Pasar Senggol Kota Tegal. Hidangan soto ayam campur daging dalam satu mangkuk kecil, wanginya menggugah selera makan.

Suapan pertamanya yang terasa asam, manis dan gurih bersatu memenuhi mulut menggoyang lidah. Daging sapi yang empuk, dan daging ayam yang lembut bercampur jadi satu dalam satu mangkok kelezatan sempurna khas Tegal.

Tidak semua lidah terbiasa dengan rasa khas ini, tetapi sekali makan bisa ketagihan. Nuansa Kota Tegal akan muncul dari semangkuk soto itu dengan bumbu tauco yang sangat khas berpadu dengan kaldu daging sapi dan ayam dengan nasi putih, taoge dan daun bawang.

Salah satu perintis pembuatan tauco di Tegal adalah Tauco Waringin yang sudah produksi sejak tahun 1950.

Adalah AOS Lestari alias Liem Kioe Yoe yang pertama merintis pembuatan Tauco Waringin, berlokasi di Jalan Waringin Nomor 51 Tegal dibantu Supriyatin yang masih setia mengolah kedelai menjadi tauco sampai saat ini.

Pada tahun 1995, usaha AOS Lestari diteruskan sang anak An Hoo alias Sudjoko Sugeng dan saat ini Tauco Waringin dikelola oleh Sisilia Silvia yang merupakan generasi ketiga dengan tetap ditemani Supriyatin.

Menurut Supriyatin, untuk pembuatan tauco butuh kesabaran super ekstra.

"Masih mending momong bayi daripada ngurus tauco karena prosesnya butuh ketelatenan, perhatian dan penanganan serius," kata Supriyatin sambil tersenyum.

Sejarah panjang Tauco Waringin tidak mengubah rasanya dari masa ke masa karena masih mempertahankan resep dan cara pengolahannya. Walaupun banyak tauco lain yang hadir di Kota Tegal bahkan dari merek nasional, kelezatan Tauco Waringin ini tetap menjadi legenda tersembunyi di Kota Tegal.

Menurut Sisilia, Tauco Waringin telah terdaftar dan memiliki nomor P-IRT yang dijamin halal, sekarang sudah tersedia di supermarket dan mall.

"Sejak tahun 1950, kami melayani toko-toko, rumah makan dan konsumen yang datang langsung, tapi sekarang sudah tersedia di supermarket. Bagi yang mau pesan bisa telpon ke nomor 0283 356491," tambah Sisilia. (adv/dya/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terbaru