Terkait Calon PAW Fraksi Gerindra, KPU Lakukan Klarifikasi

BREBES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes melakukan klarifikasi terkait dengan pengajuan calon Pengganti Antarwaktu (PAW) dari Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Brebes, Selasa (21/6). Di mana, klarifikasi dilakukan di DPC Gerindra Brebes.

Ketua KPU Brebes M. Riza Pahlevi mengatakan, sebelum klarifikasi ini, pimpinan DPRD Kabupaten Brebes sebelumnya telah melayangkan surat permohonan PAW anggota Fraksi Partai Gerindra di Dapil Brebes 1 atas nama Rawuh Gunawan yang meninggal dunia pada Minggu (12/6) lalu.

Ditambahkannya, berdasarkan SK KPU Nomor 028/PL.01.7-Kpt/3329/KPU-Kab/V/2019 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Brebes Tahun 2019 di Dapil Brebes 1, suara terbanyak diraih Rawuh Gunawan dengan 3.491 suara.

Kemudian disusul suara terbanyak berikutnya yakni Akhmad Rowi dengan 3.218 suara.

Dalam klarifikasi itu diajukan beberapa pertanyaan dan pemeriksaan sejumlah berkas yang diajukan DPC Partai Gerindra, serta kesediaan calon PAW.

"Dari hasil klarifikasi yang dilakukan KPU, calon PAW anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra atas nama Akhmad Rowi dinyatakan memenuhi syarat,” ungkapnya.

Hasil klarifikasi itu, lanjutnya, pihaknya akan melanjutkan dengan pleno untuk menetapkan calon PAW dari Fraksi Partai Gerindra untuk diserahkan kepada Pimpinan DPRD.

Hasil klarifikasi dan BA pleno serta sejumlah berkas milik Akhmad Rowi selanjutnya diserahkan ke DPRD.

"Selanjutnya kita kirim surat jawaban pimpinan DPRD untuk diproses lebih lanjut,” tambahnya.

Sementara, ucapan terima kasih disampikan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Wurja.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes ini menyampaikan terima kasih atas respon yang cepat dari KPU.

"Kami mengapresiasi kerja dari KPU dan siap menindaklanjuti hasilnya tersebut," jelasnya.

Calon PAW Akhmad Rowi juga menyatakan siap melanjutkan tugas-tugas almarhum Rawuh Gunawan sebagai anggota DPRD. Menurutnya, masih banyak yang harus dilakukan di sisa masa jabatan anggota DPRD hingga tahun 2024 yang akan datang.

"Saya bersedia untuk melanjutkan tugas-tugas wakil rakyat di DPRD Kabupaten Brebes, khususnya Dapil Brebes 1,” singkatnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru