Tiga Jalan Akan Diperbaiki Rp10,5 Miliar, Termasuk Jalur ke Waduk Cacaban dan Museum Semedo

SLAWI - Pemkab Tegal dan Pemerintah Pusat di 2022 ini menganggarkan Rp10,5 miliar untuk perbaikan tiga ruas jalan di sejumlah wilayah di kabupaten Tegal. Ketiganya meliputi Jalan Jejeg-Cenggini, akses menuju Waduk Cacaban, dan ruas menuju Museum Semedo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal, Hery Suhartono melalui Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan, Muhammad Nuh membenarkan jika tahun 2022 ini ada tiga proyek jalan yang dianggarkan dari APBD Kabupaten dan APBN.

"Ada perbaikan jalan Jejeg-Cenggini, perbaikan jalan atau akses ke Waduk Cacaban dan pembuatan jalan baru Sigentong-Semedo," katanya.

Ketiga proyek besar itu, tambah Muhamad Nuh, dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN dan dari APBD II Kabupaten Tegal. Untuk perbaikan jalan Jejeg- Cenggini bersumber dari DAK APBN sebesar Rp4,5 Miliar.

Kemudian perbaikan akses jalan menuju Waduk Cacaban Rp3,1 Miliar dari APBD Kabupaten Tegal, dan Semedo- Sigentong Rp2,9 Miliar. "Kita gotong royong pemerintah. Misal perbaikan Waduk Cacaban sudah dianggarkan pemerintah pusat, kita yang kerjakan akses jalannya. Kemudian pemerintah pusat membangun museum," tambahnya.

Untuk proyek jalan Sigentong-Semedo, lanjut Muhamad Nuh, merupakan pembangunan jalan baru. Jalan tersebut rencananya dibangun sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 10 meter.

Pemkab Tegal tidak melakukan pembebasan lahan karena sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat bersamaan dengan pembangunan museum. Ketiga proyek tersebut rencananya akan dilelang pada Februari mendatang dan ditargetkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini selesai. (guh/zul)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru