Tim Futsal Siap Tanding, Targetkan Lolas Piala Dunia di Lithuania

SURABAYA - Persiapan Tim nasional Futsal Indonesia menuju AFC Futsal Championship 2020 telah dimulai. Pelatih kepala Kensuke Takahashi memanggil 19 pemain dalam pemusatan latihan (TC) di Surabaya.

Pembukaan TC secara simbolis dengan pemotongan tumpeng, Rabu (14/10). Ini sebagai tanda syukur karena semua personel diberi kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Untuk TC di lapangan diselenggarakan di GOR Baskhara.

"Sebelum mulai latihan tim pelatih sudah mengadakan komunikasi dengan pemain, termasuk latihan secara virtual. Ada banyak pemain juga yang ikut latihan secara virtual di klub," kata pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi.

"Jadi sebelum ini kami mencari tahu kondisi pemain dan mengontrol, sehingga pada saat mulai TC kondisinya siap dan tidak buruk. Ternyata para pemain bisa mengikuti latihan dengan baik," tambah pelatih asal Jepang tersebut.

TC di Surabaya diagendakan sampai pertengahan November 2020. Setelah itu rombongan pemain, tim pelatih, dan ofisial bertolak ke Kuwait. AFC Futsal Championship dijadwalkan berlangsung di Shaikh Saad Al-Abdullah Sports Hall Complex, Kuwait City, 2-13 Desember 2020.

Indonesia sesuai undian masuk Grup C, bersama Uzbekistan, Bahrain, dan Cina. Pertandingan pertama dihadapi Indonesia melawan Uzbekistan pada 3 Desember 2020. Dilanjutkan pada 5 Desember 2020 menghadapi Bahrain dan terakhir 7 Desember 2020 melawan Cina.

Juara dan runner-up grup berhak melaju ke perempat final. Nantinya lima besar AFC Futsal Championship 2020 lolos ke Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania. Tentu saja semua berharap Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia Futsal.

Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edhie Prasetyo mengatakan situasi pandemi Covid-19 yang ada sekarang tidak menyurutkan persiapan timnas futsal Indonesia.

"Sekarang FFI mempercayakan penuh kepada pelatih dan pelatih percaya kepada pemain. Begitu pula sebaliknya, semua saling percaya dan bekerja keras untuk torehan prestasi futsal Indonesia," kata Edhie Prasetyo.

TC Timnas Futsal Indonesia ini digelar secara tertutup. Baik, untuk media maupun penonton. Semua karena pertimbangan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Selain itu, agar para pemain dan tim pelatih bisa fokus mempersiapkan kekuatan menuju Kuwait. (rls/fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Tabrakan Beruntun di Tol Pemalang-Batang, Dua Mobil Ludes Terbakar.
  • Punya 740 Guru Besar, NU Tidak Dilibatkan Bahas Omnibus Law, Said Aqil Geram!.

Berita Terbaru