Tim Gabungan Amankan Belasan Pengemis dan Anak Jalanan

BREBES - Belasan pengemis, gelandangan, orang terlantar (PGOT) dan anak jalanan berhasil diamankan oleh Tim Gabungan, Satpol PP, Dinas Sosial Kabupaten Brebes, dan Kepolisian, Kamis (4/8). Mereka diamankan di sejumlah titik di wilayah perkotaan.

Kasi Ketertiban Umum (Tibum) Satpol PP Brebes Amirudin mengatakan, pihaknya bersama tim gabungan melakukan razia PGOT.

Sedikitnya ada 18 orang yang diamankan dalam razia gabungan tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah anak jalanan yang sering mangkal di berbagai tempat.

"Tim Gabungan menyisir dari jalan Pantura Kaligangsa, kemudian di Brexit, lanjut ke Pasar Induk Brebes. Razia dilanjut ke wilayah Banjaratma hingga Sitanggal, Jatibarang dan berakhir di rumah singgah," ungkapnya.

Dia melanjutkan, 18 orang yang berhasil diamankan itu terdiri dari 11 anak jalanan, pengamen lima orang, dan ODGJ 2 orang. Belasan orang tersebut dibawa ke rumah singgah di Yayasan Bina Lestari Mandiri atau Kiai Mundir, Jatibarang untuk dilakukan pembinaan. Pembinaan dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Sat Sabara Polres Brebes, dan Dinas Sosial.

"Keberadaan mereka memang dikeluhkan masyarakat. Jadi, di rumah singgah ini nanti mereka dilakukan pembinaan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Brebes Slamet Gembira mengatakan, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap mereka yang terjaring razia PGOT.

Dijelaskannya, memang keberadaan PGOT di sudut perkotaan dikeluhkan oleh masyarakat mengganggu ketertiban umum. Terutama para anak jalanan yang sering mangkal di pertokoan dan persimpangan jalan.

"Mereka kami beri pembinaan di Rumah Singgah Kiai Mundir," singkatnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terbaru