Timnas Indonesia Permalukan Malaysia 4-1, Shin Tae-yong: Terima Kasih Pemain Garuda

SINGAPURA - Laga hidup mati di pertandingan pamungkas Grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia dan Timnas Indonesia di National Stadium, Minggu (19/12) berhasil dimenangkan Timnas Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Aswnawi Mangkualam Bahar dkk. berhasil mempermalukan Harimau Malaya dengan skor telak 4 -1.

Meski sempat tertinggal lebih dulu oleh gol lewat gol Kogileswaran Raj di menit 13 babak pertama, para Garuda Muda tak panik. Terbukti usai tertingga satu gol, Irfan Jaya berhasil membalikan keadaan dengan dua golnya di paruh babak pertama itu.

Sayap kanan Timnas Indonesia yang bermain bersama PSS Sleman di Liga 1 itu, pada menit ke-36 membuat Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui sontekannya. Skor berubah menjadi 1 -1.

Aksi eksplosif Irfan Jaya kembali diulangi dengan hanya berjarak 7 menit. Dia berhasil memanfaatkan bola liar tendangan Pratama Arhan di menit-43. Tendangan terukurnya tak mampu di blok kiper gaek Malaysia, Khairul Fahmi.

Timnas Indonesia pun berbalik unggul atas Malaysia 2-1. Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki kick off babak kedua, Skuat Garuda lebih tampil percaya diri, meski beberapa kali digempur Malaysia. Malaysia yang memasukan sejumlah pemain naturalisasinya berusaha menekan pertahanan timnas.

Namun, performa Timnas Indonesia pun tidak kendur. Babak kedua baru lima menit berlangsung, Timnas Indonesia bahkan mereka mampu menambah keunggulan 3-1 melalui gol cantik yang dicetak oleh Pratama Arhan.

Saat laga menyisakan 8 menit lagi, Timnas Indonesia kembali memantapkan keunggulan mereka atas Timnas Malaysia menjadi 4-1 melalui gol dari Elkan Baggott. Memaksimalkan umpan sepakan pojok Evan Dimas, Baggott menyambutnya dengan sundulan yang meluncur deras ke dalam gawang Malaysia.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang dicetak Timnas Indonesia ke gawang Malaysia. Dengan hasil itu. Atas kemenangan tersebut Timnas Indonesia pun berhak melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B, diikuti Vietnam sebagai runner-up.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun tersenyum manis usai anak asuhnya memastikan satu tempat di semifinal dengan mempermalukan Malaysia 4-1. Dia mengucapkan terima kasih kepada para pemain Timnas Indonesia, karena sudah berjuang di laga penentuan itu.

Shin Tae-yong sejak awal memang meminta Timnas Indonesia untuk menang besar atas Malaysia. Dia ingin Malaysia dikalahkan dengan skor yang besar, karena Vietnam diprediksi bakal menang besar melawan Kamboja di laga yang di[pertandingkan bersamaan.

Tae-yong menegaskan target utama Timnas Indonesia adalah menjadi juara Grup B. Satu-satunya cara untuk merealisasikannya, hnya dengan kemenangan besar atas Malaysia. (*/zul)

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Arga Winata, Ezra Walian, Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Fachruddin, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Alfeandra Dewangga.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi, Dion Cools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Baddrol Bin Bachtiar, Safawi Rasid, Aiman Hanapi, Kogileswaran Raj, Rizak Ghazali, Syafiq Ahmad, Faisal Halim.

Pelatih: Tan Cheng Hoe.

Baca Juga:

  • Sambil Menangis, Mbak Rara Ngaku Sudah Berkomunikasi dengan Arwah Eril: Jantungnya Tertusuk.
  • Eril, Putra Ridwan Kamil Diterawang Mbak Rara Ditemukan 8 Jam dari Sekarang.

Berita Terkait

Berita Terbaru