Tingkatkan Target Capaian, Suntik Vaksin Covid-19 Digelar Berhadiah Sepeda Motor

SLAWI - Tingkatkan target capaian vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 berhadiah sepeda motor. Program vaksinasi ini diluncurkan Bupati Tegal Umi Azizah di Trasa, Senin (06/06) yang dibarengi dengan program imunisasi anak dalam menyongsong bulan imunisasi anak nasional (BIAN).

Umi saat peluncuran program tersebut menyampaikan apresiasinya atas komitmen dan peran aktif Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal beserta tenaga kesehatan dan satgas penanganan Covid-19 serta seluruh masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19 selama dua tahun terakhir ini.

Menurut Umi, sejak tanggal 4 Juni 2022 sudah tidak lagi ditemukan kasus konfirmasi baru dan nol kasus aktif di Kabupaten Tegal.

“Dalam satu bulan terakhir ini hanya ditemukan tiga kasus konfirmasi Covid-19,” ungkapnya.

Meski demikian, ia meminta semua pihak termasuk lurah dan kepala desa mendorong warganya disuntik vaksinasi lengkap dan ditambah dosis tiga. Diungkapkan, khusus untuk dosis tiga capaiannya masih rendah.

“Lewat gebyar vaksinasi berhadiah ini saya harap bisa jadi pendorong dan penyemangat masyarakat kita agar mau divaksin lengkap,” kata Umi.

Di sisi lain, pandemi juga telah menurunkan cakupan imunisasi rutin pada anak dan balita, baik imunisasi dasar maupun lanjutan.

Dampak dari penurunan cakupan imunisasi ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah kasus penyakit yang sesungguhnya dapat dicegah dengan pemberian imunisasi seperti campak, rubela dan difteri di sejumlah wilayah di Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Ruszaeni yang menyebut masih ada 1,7 juta anak di Indonesia yang belum mendapat imunisasi dasar lengkap seperti campak, hepatitis, rubela dan polio yang dapat mengakibatkan kematian dan kecacatan.

“Untuk gebyar imunisasi anak ini diperuntukan bagi anak usia nol sampai 59 bulan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ruszaeni menjelaskan jika capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu sudah mencapai 84,6 persen, dosis dua 65,9 persen, sedangkan dosis tiga baru di kisaran 11,6 persen.

Masyarakat Kabupaten Tegal yang melakukan vaksinasi Covid-19 baik di puskesmas, rumah sakit, klinik kesehatan maupun pos pelayanan di wilayah Kabupaten Tegal pada periode 25 Mei hingga 30 Juni ini akan mendapat kupon undian.

Pengundian kupon hadiah akan dilaksanakan tanggal 7 Juli 2022.

Sejumlah hadiah pun telah disiapkan pihaknya antara lain satu unit sepeda motor, dua unit lemari es, lima unit sepeda gunung, dua unit TV LCD, satu unit mesin cuci, dua kompor gas, lima kipas angin serta sepuluh unit penanak nasi.

“Peserta yang dapat kupon hanya untuk dosis dua dan tiga, di samping mereka juga kita beri minyak goreng kemasan sebanyak satu liter,” tutup Ruszaeni.

Salah satu peserta vaksinasi, Siti Rofiah (31) mengaku mengetahui acara gebyar vaksinasi dan imunisasi dari bidan desanya.

“Saya sangat senang anak saya bisa mendapat imunisasi polio di sini. Apalagi ini saya juga suntik vaksin dan dikasih kupon undian plus minyak goreng. Mudah-mudahan undiannya jadi rezeki saya nanti,” harapnya. (ima/rtc)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru