TKW Asal Cilacap Tewas Terjatuh saat Bersihkan Jendela Apartemen Majikannya

CILACAP - Seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) dikabarkan meninggal dunia di North Point Hongkong, Kamis (14/1) lalu. Dari penelusuran radarmas, saat pertama kali ditemukan, jasad korban sudah tergeletak di lantai di luar Blok A, Kingsford Garden nomor 204, Tin Hau Temple Road, North Point.

Korban yang kemudian diketahui bernama Restiani (37) asal Desa Sawangan Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap itu, meninggal dunia setelah terjatuh dari apartemen majikannya saat tengah membersihkan kaca balkon apartemen.

Koordinator Forum Komunitas Warga Cilacap di Hongkong, Sri Martuti atau yang dikenal Judy kepada Radarmas membenarkan kabar tersebut. "Ya benar (meninggal dunia). Beliau adalah anggota Gabungan Migran Muslim Indonesia di Hongkong (GAMMI-HK) ," katanya, Minggu (17/1).

Judi menambahkan, untuk kasus kematian di Hongkong, jenazah masih akan berada di rumah sakit sampai keluar surat kematian dari kepolisian dan rumah sakit, baru kemudian dilakukan pemulasaan jenazah.

"Paling cepat itu satu minggu, paling lama dua minggu. Setelah keluar surat kematian, surat tersebut akan disampaikan ke KJRI (Konsulat jenderal Republik Indonesia) Hongkong, baru kemudian diserahkan atau diterbangkan ke Indonesia," imbuhnya.

Tri Wandoyo dari Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Kabupaten Cilacap membenarkan kabar tersebut.

"Benar, pihak PT (jasa penyalur BMI) sudah berkoordinasi dengan keluarga korban," katanya kemarin.

Tri menambahkan, dari informasi yang didapatkan, korban sudah bekerja di Hongkong selama enam tahun. "Yang bersangkutan sudah 6 tahun di Hongkong. Habis kontrak tetapi gak pulang," imbuhnya.

Meski demikian, dari informasi yang didapat, pihak perusahaan masih bertanggungjawab mengurus jenazah korban. "Pihak perusahaan masih peduli, meski sebetulnya dia sudah lepas dari masa kontrak," pungkasnya. (nas/zul)

Baca Juga:

  • Tolak Keras Investasi Miras dari Tahanan, Habib Rizieq: Miras Induk dari Semua Bentuk Maksiat.
  • Mulai Akur dan Dikabarkan Islah, Jumadi Puji Wali Kota Berhasil Terapkan PPKM.

Berita Terbaru