by

Masjid Prophet Muhammad Disebut Terindah di Eropa

SHALI – Rusia, salah satu negara dengan populasi Muslim cukup banyak. Yang mengagumkan, salah satu negara di bawah naungannya, Republik Chechnya, baru saja meresmikan masjid termegah di dunia, Masjid Prophet Muhammad.

Masjid yang terletak di Kota Shali ini diresmikan pada 23 Agustus 2019. Prosesi peresmian dihadiri para pejabat tinggi, perwakilan negara sahabat serta masyarakat setempat.

Presiden Republik Chechnya Razman Kadyrov menyebut, masjid ini memiliki desain bangunan yang megah. Interiornya dihias dengan dekorasi marmer dan ditetapkan sebagai masjid terbesar serta terindah di Eropa.

Masjid ini memiliki empat menara yang terletak di setiap sudutnya. Di bagian tengah, terdapat kubah raksasa yang menjadi ciri khas utama masjid tersebut.

Bagian dalam masjid mampu menampung jamaah hingga 70 ribu orang. Sementara halaman masjid dihias menjadi taman dengan beragam jenis tumbuhan serta kolam dengan air mancur.

Yang menarik dari masjid ini adalah tata lampunya. Masjid ini akan berubah warna ketika azan berkumandang. Tata lampu yang disusun sangat artistik menjadikan kemegahan masjid ini tampak begitu jelas. Apalagi jika disaksikan di malam hari, masjid ini akan membuat mata yang memandang terpesona.

Terdapat kombinasi warna lampu yang diterapkan. Setiap warna lampu akan berubah setiap kali azan mengalun, mulai dari hijau, biru, ungu, pink, merah, dan sejumlah warna lainnya.

Pembangunan masjid ini merupakan salah satu langkah Kadyrov saat menjabat sebagai presiden Republik Chechnya. Kehadiran masjid ini diharapkan menjadi pusat kebangkitan Islam Rusia, mengingat sebagian besar penduduk Chechnya adalah Muslim. Kapan berkunjung ke sana? (dream/ima)

Comment

Berita Terbaru