by

Nikmatnya Kopi Pulosari di Lereng Gunung Slamet

PULOSARI – Kopi lereng Gunung Slamet dari Desa Pulosari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang yang dikelola Kelompok Tani Sumber Makmur, kini makin berkembang.

Kopi ini ini kini bisa dinikmati di kafe setempat. Keberadaannya lengkap dengan alat racik kopi yang membuat cita rasa dan aroma kopi murni khas Pulosari kian terasa.

Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur Wasito Al Hasan mengatakan, ini merupakan pengembangan produk kopi dari petani kopi, yang memudahkan masyarakat ketika ingin menikmati kopi khas Pulosari langsung dari petani.

“Salah satu upaya menarik minat masyarakat, dengan memudahkan mereka dalam mendapatkan kopi seduh ini” katanya, Selasa (7/1).

Awalnya petani menjual kopi mentah di pasaran. Namun seiring perkembangan zaman, kopi kemudian disediakan dalam bentuk bubuk, dan dikemas dengan berbagai ukuran. Kopi tersedia di kelompok tani, dan juga di lokasi wisata Pulosari serta tersebar di pusat oleh-oleh.

“Saat ini kami coba mengembangkan dengan membuat kafe, sehingga pelanggan bisa melihat proses pembuatan secara langsung. Ini kemajuan pesat untuk kelompok kami. Semoga bisa terus memperkuat sektor ekonomi Pulosari” imbuhnya.

Febri, salah satu penikmat kopi mengatakan, kedai atau kafe di kelompok tani ini memudahkannya ketika ingin menikmati kopi yang langsung diracik oleh petani. Kopi mentah yang disediakan ada bermacam variasi, baik dari Arabika maupun Robusta.

“Rasa kopi murni Pulosari ini sangat kuat, dan berbeda dengan kopi kebanyakan yang dijual di pasaran” ujarnya. (maf/ima)

Comment

Berita Terbaru