Tulang Tangan Kanannya Dicangkok, Comebak Marquez Bisa Lebih Lama

MADRID - Juara enam kali MotoGP Marc Marquez, baru saja menjalani operasi tulang humerus tangan kanannya. Proses pencangkokan tulang ini diharapkan dapat mempercepat comeback-nya Baby Alien itu.

Mengalami cedera patah tulang di GP Spanyol, Marquez didiagnosa menderita pseudarthrosis. Konsisi ini menurut medis, terjadi ketika tulang secara tidak wajar, mengalami penyatuan pada jaringan fibrosa.

Tepatnya lagi terjadi di antara bagian tulang yang sebelumnya retak. Operasi yang melibatkan rider Repsol Honda itu memakan waktu kurang lebih delapan jam lamanya.

Mengambil tempat di Hospital Ruber Internacional, tim dokter yang dipimpin oleh Samuel Antuna itu, sukses melakukan operasi penyakit yang masuk dalam kategori langka itu.

“Marc Marquez baru saja menjalani operasi pada tangan kanannya. (Operasi ini) dikarenakan terlalu lambannya proses pemulihan pada tulang humerusnya. Perawatan dengan gelombang kejut (yang sebelumnya dijalani) gagal membuahkan hasil,” kata Repsol Honda Team dalam pernyataanya di media sosial, yang dikutip FIN, Jumat (4/12).

“Dalam operasi yang melibatkan tim dokter yang terdiri dari Samuel Antuna, Ignacio Roger de Ona, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal dan Andrea Garcia Villanueva, dilakukan proses pengangkatan dan penggantian pelat (pada tulang yang terdampak), dengan tambahan cangkok tulang krista flap bebas kortikoperiosteal,” lanjut pernyataan Honda.

Sayangnya, salah satu rival berat Valantino Rossi itu dikabarkan, bakal membutuhkan waktu enam bulan lamanya, untuk proses pemulihan. Itu artinya, rider Spanyol itu, tidak akan ambil bagian dalam musim pembuka MotoGP 2021, yang dimulai pada 28 Maret tahun depan.

Jika melihat jadwal sementara MotoGP 2021 dan prediksi masa pemulihan, artinya Marquez akan sembuh pada akhir Mei 2021. Dia kemungkinan baru bisa membalap setelah gelaran MotoGP 2021 bergulir sebanyak enam seri.The Baby Alien diprediksi baru bisa beraksi di atas aspal pada 6 Juni 2021, yakni seri MotoGP Catalunya.

Atas hasil ini, para pengamat berspekulasi jika Andrea Dovizioso berpotensi akan kembali ke MotoGP, usai mengambil cuti panjangnya beberapa waktu lalu. Gagal meraih kesuksesan tiga kali berturut-turut bersama Ducati, dan menjadi bayang-bayang Marquez di puncak klasemen beberapa musim terakhir, rider Italia itu memutuskan untuk rehat dari ajang olahraga bermotor tersebut.(ruf/gw/zul/fin)

Baca Juga:

  • Kasus Positif Covid-19 Sudah Tembus 1 Juta Lebih, Pemerintah Siapkan Lockdown Terbatas.
  • Pandemi Belum Berkurang, Muncul Serangan Virus Baru Nipah yang Lebih Ganas dari Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru