Ulama Buya Syafii Maarif Wafat, Abu Janda Sebut Tanda Akhir Zaman

JAKARTA - Ikut mengucapkan duka atas wafatnya mantan Ketua PP Muhammadiyah Prof Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii, pegiat media sosial Abu Janda menyebut sebagai tanda akhir zaman.

“Nabi pernah bersabda tanda akhir jaman adalah wafatnya ulama luhur ilmu dan munculnya pendusta yang dipercaya dan dianggap ulama oleh orang-orang bodoh (seperti bahar dkk),” tulis pemilik nama asli Permadi Arya ini di Instagramnya, Jumat (27/5).

Dia mengatakan bahwa Buya Syafii adalah sosok ulama yang luhur ilmu. Kata dia, almarhum semasa hidup banyak mengajarkan tentang toleransi dan pluralisme. Abu Janda lalu mendoakan sang Ulama.

“Buya Syafi’i Maarif adalah salah satu tokoh agama luhur ilmu yang pergi meninggalkan kita, Buya telah pergi, tapi ajaran toleran dan pluralmu akan selalu kami amalkan. Insyaallah jadi ibadah Buya di sisi Allah nanti, aamin ya Rabb, husnul khotimah ya Buya,” tulis Abu Janda.

Melalui akun Instagramnya, Abu Janda mengunggah foto sedang memeluk Buya Syafii sewaktu hidupnya.

Abu Janda mengatakan, merupakan tanda akhir zaman apabila ulama-ulama yang luhur ilmu satu persatu meningal dunia. Di lain sisi, kata Abu Janda, muncul ulama-ulama yang bodoh dan pendusta.

Diketahui, Buya Syafii meninggal pada Jumat 27 Mei 2022 sekitar pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Hal ini dikabarkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im,” kata Haedar Nashir.

“Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul. Haedar Nashir, PP Muhammadiyah” tuturnya.

Kabar meninggalnya cendekiawan muslim ini, ikut mendapat perhatian Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Melalui akun media sosial, Jokowi ucapkan belasungkawa.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii,” kata Presiden.

Dikutip dari Fin.co.id, jenazah Buya Syafii Maarif disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Jenazah tokoh bangsa ini nantinya akan dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. (ima/rtc)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terkait

Berita Terbaru