Update PMK di Brebes, Kasus Aktif Mencapai 645 Ekor, 444 Ekor Sembuh

BREBES - Update data per Kamis (23/6) dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes menyebutkan jumlah kasus hewan ternak suspek Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) mencapai 1.101 ekor.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat DPKH Brebes Budi Santosa mengatakan, jumlah tersebut ada kenaikan dibanding sehari sebelumnya. Kenaikannya mencapai 59 ekor yang suspek PMK.

"Dari 1.101 hewan yang suspek tersebut, 645 ekor di antaranya masuk dalam kasus aktif. Dan 444 ekor lainnya dinyatakan sembuh," ujarnya, Kamis (23/6).

Masih tingginya kasus suspek PMK di Brebes, sedikitnya ada belasan hewan yang dipotong paksa. Dari data yang diterima, 12 ekor hewan ternak dipotong paksa.

Dijelaskannya, penanganan PMK di Kabupaten Brebes terus dilakukan oleh pihaknya. Salah satunya, jika ada laporan terkait adanya hewan yang bergejala sama persis dengan PMK, pihainya langsung turun dan mengecek ke lapangan. Termasuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait vaksin PMK.

"Dan kita harapkan vaksin PMK bisa segera kita peroleh. Sehingga, bisa diberikan kepada hewan ternak yang ada di Brebes," pungkasnya.

Lebih lanjut, Budi mengajak peternak untuk memperhatikan betul kondisi hewan ternaknya secara seksama. Jika ada hewan ternak yang bergejala PMK, kata dia, peternak bisa langsung melaporkannya.

"Jika ada tanda-tanda PMK pada hewan ternak, segera lapor ke dinas atau petugas kesehatan hewan terdekat," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru