Usai Dicopot, Harta Miliaran Rupiah Rieke Diah Pitaloka Kena Sorot

JAKARTA - Nama Rieke Diah Pitaloka terus menjadi sorotan sejak masalah Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) mencuat. Kali ini, pemeran Oneng yang sudah jadi anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dari Partai PDI Perjuangan ini jadi bahan perbincangan, terkait posisinya di DPR sebagai Badan Legislasi digantikan oleh M. Nurdin yang merupakan pensiunan perwira tinggi polisi.

Pergantian posisinya tersebut diklaim terkait kepentingan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law. Hal itu disampaikan Sekretaris Parta PDIP Bambang Wuryanto. Menurutnya pemindahan posisi tersebut menjadi strategi yang tepat.

“Beliau (M. Nurdin) adalah perwira tinggi kepolisian yang punya wawasan luas,” ujar Bambang.

Menurutnya, untuk mengawal RUU Omnibus Law Cipta Kerja dibutuhkan sosok yang memiliki jaringan kuat dan bisa berkoordinasi karena meliputi banyak bidang. Sedangkan Rieke unggul dalam pembahasan RUU yang fokus pada satu sektor.

“Untuk kecermatan dan ketelitian kami butuh orang yang punya keahlian berbagai bidang. Kalau fokus Rieke sudh pernh meloloskan SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional),” katanya.

Diketahui Rieke adalah seorang politisi sukses yang berangkat dari dunia hiburan. Meniti karir di panggung politik sejak beberapa tahun lalu, membuat sebagian penasaran dengan harta kekayaan dan koleksi kendaraan yang dimilikinya.

Dikutip dari 100 kpj, berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), wanita yang akrab disapa Oneng dalam film Bajaj Bajuri itu memiliki harta kekayaan yang terus meningkat setiap tahunnya. Tercatat pada 2009 harta yang dilaporkan hanya Rp2,37 miliar.

Saat menjadi anggota DPR pada 2014, harta kekayaannya menjadi Rp2,70 miliar, dan menjelang 4 tahun kemudian tepatnya Desember 2018 meningkat menjadi Rp5,56 miliar.

Dari angka tersebut, tanah dan bangunan menjadi penyumbang terbesar.
Tercatat ada 10 bidang tanah, dan bangunan yang tersebar di Depok, dan Bekasi dengan total nilai Rp3,80 miliar.

Meski hartanya miliaran rupiah tetapi isi garasi politisi PDIP itu terbilang sederhana dibandingkan para pejabat lainnya.

Berdasarkan laporannya di dua tahun lalu, kendaraan yang dimiliki hanya 2 unit mobil. Yang pertama, Toyota Kijang Innova lansiran 2016 seharga Rp250 juta, dan Mitsubishi Pajero Sport buatan 2017 harganya Rp450 juta. Secara garis besar kedua mobil tersebut sama-sama dapat menampung 7 penumpang, dan ditawarkan dengan mesin diesel. (100kpj/ima)

Baca Juga:

  • Terus Merebak, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Brebes Capai 64 Kasus.
  • Valid! 26 Kasus Positif Covid-19 Baru Ditemukan di Kota Tegal, Ganjar Minta Pemkot Intensifkan PCR Test Massal.

Berita Terkait

Berita Terbaru