Usai Dicopot, Nasib Rieke Diah Pitaloka Akan Diputuskan Fraksi PDIP Siang Ini

JAKARTA - Posisi Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR RI bakal diketahui lebih gamblang, Kamis (9/7) siang, ini.

Rencananya Fraksi PDI Perjuangan DPR RI bakal menggelar jumpa pers ihwal pergantian pimpinan Badan Legislatif (Baleg) DPR RI di internal fraksi PDIP siang ini.

Berdasarkan undangan yang diterima wartawan, jumpa pers akan digelar di ruangan fraksi PDIP di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Fraksi PDI Perjuangan mengundang rekan rekan wartawan untuk menghadiri acara Jumpa Pers Tentang Pergantian Pimpinan Baleg DPR RI, di Ruang 704 Lt 7 Gd. Nusantara 1 DPR RI, Pukul 11.00 WIB," demikian isi undangan dari fraksi PDIP DPR.

Diketahui, Fraksi PDIP telah memberhentikan Rieke Diah Pitaloka dari posisinya sebagai Wakil Ketua Baleg DPR RI. Kabar tersebut pun dibenarkan anggota Baleg dari fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno. Menurut Supratikno, informasi tersebut didapatkannya dari internal Baleg DPR RI.

"Betul, saya dapat informasi itu (Rieke diberhentikan) dari Baleg, kan saya anggota Baleg," kata Hendrawan, Rabu (8/7) kemarin.

Meski begitu, Hendrawan mengaku tidak mengetahui pasti penyebab fraksi PDIP menggeser Rieke dari posisi Wakil Ketua Baleg DPR RI. "Itu saya tidak tahu. Itu bisa ditanyakan kepada pimpinan fraksi," ucapnya.

Sosok yang disebut-sebut akan mengganti posisi Rieke sebagai Wakil Ketua Baleg DPR adalah M Nurdin, yang merupakan anggota Komisi III DPR RI.

Berdasarkan kabar yang beredar, pencopotan Rieke Diah Pitaloka ini berkaitan dengan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Rieke diketahui merupakan Ketua Panitia Kerja (Panja) pembahasan RUU tersebut. (rmol/zul)

Baca Juga:

  • Pemkot Akhirnya Buka-bukaan Data Perkembangan Terbaru Covid-19, Sebut 28 Warga Positif.
  • Valid! 26 Kasus Positif Covid-19 Baru Ditemukan di Kota Tegal, Ganjar Minta Pemkot Intensifkan PCR Test Massal.

Berita Terkait

Berita Terbaru