Vaksin Covid-19 Asal China Siap Kuasai Pasar Dunia

Vaksin virus Corona yang sedang dikembangkan di Cina diperkirakan siap untuk digunakan oleh masyarakat umum pada November 2020.

Dilansir Reuters, Selasa (15/9), Cina memiliki empat vaksin COVID-19 yang saat ini dalam tahap akhir uji klinis. Setidaknya tiga di antaranya telah ditawarkan kepada para pekerja penting di bawah program penggunaan darurat yang diluncurkan pada Juli.

Kepala tim ahli biosafety Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Cina Guizhen Wu mengatakan, bahwa uji klinis Fase 3 vaksin berjalan lancar dan siap digunakan publik pada November atau Desember.

"Uji klinis fase 3 berjalan lancar dan vaksin dapat siap untuk masyarakat umum pada November atau Desember," kata Guizhen Wu, dalam wawancara dengan TV pemerintah pada Senin (14/9) waktu setempat.

Namun Wu tidak menjelaskan secara spesifik nama vaksin yang dimaksud. Dia mengaku sudah menggunakannya dan tidak mengalami gejala abnormal dalam beberapa bulan terakhir.

Satu unit raksasa farmasi negara China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech yang terdaftar di AS sedang mengembangkan tiga vaksin di bawah program penggunaan darurat negara bagian.

Vaksin COVID-19 keempat yang sedang dikembangkan oleh CanSino Biologics telah disetujui untuk digunakan oleh militer China pada bulan Juni.

Sinopharm mengatakan, pada Juli bahwa vaksinnya dapat siap untuk digunakan publik pada akhir tahun ini setelah selesainya uji coba Tahap 3.

Para pembuat vaksin global saat ini berlomba untuk mengembangkan vaksin yang efektif melawan virus yang telah menewaskan lebih dari 925.000 orang ini.

Pembuat vaksin negara-negara Barat awal bulan ini berjanji untuk menegakkan standar studi ilmiah dan menolak tekanan politik untuk mempercepat proses tersebut. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • 6 Bulan Gali Terowongan Pakai Obeng untuk Kabur, Komisi II DPR: Aneh, Tanah Galiannya kok Tidak Ada.
  • Sesalkan Febri Diansyah Mundur, Wakil Ketua KPK: Dia Pegawai yang Turut Mengawal dan Membesarkan Nama KPK..

Berita Terkait

Berita Terbaru