Vaksin Tahap II Tiba Hari Ini, Vaksinasi untuk Pelayanan Publik Mulai Dilaksanakan Besok

BREBES - Hari ini, sebanyak 1.500 vial vaksin Sinovac tahap dua akan tiba di Kabupaten Brebes. Jumlah tersebut diperuntukan pelayanan publik yang akan mulai dilakukan penyuntikan besok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes dr Sartono mengatakan, besok penyuntikan vaksin kepada pelayanan publik akan dilaksanakan secara serentak. Salah satunya di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Brebes.

"Hari ini vaksin sudah proses perjalanan menuju Kabupaten Brebes yang diambil dari Semarang. Dan sesuai rencana, besok mulai penyuntikan untuk pelayanan publik,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap ke dua bagi petugas pelayanan publik, pihaknya mendapat jatah sebanyak 1.500 vial vaksin Sinovac. Sedangkan untuk teknis pendistribusianya sama persis dengan dropping vaksin pada tahap pertama akhir Januari lalu. Tim dari dinkes akan mengambil jatah dropping ke Dinkes Provinsi Jateng, dengan pengawalan ketat dan pengamanan personel TNI-Polri.

Menurut dia, seluruh vaksin tersebut difokuskan ke sasaran semua petugas pelayanan publik di instansi pemerintah dan TNI-Polri. Penyusunan manifest pemegang e tiket juga terus dilakukan verifikasi dan validasi. Tujuannya, memastikan semua data petugas pelayanan publik sesuai sasaran.

"Tahap ke dua ini untuk pelayanan publik, baik di pemerintahan, TNI-Polri, hingga perangkat desa. Di mana, satu vialnya bisa mencapai sembilan hingga sepuluh dosis,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, terkait pelaksanaan vaksinasi tahap ke dua bagi pelayanan publik tersebut, rencananya digelar di 38 puskesmas dan 14 rumah sakit. Termasuk, teknis penyimpanan vaksin tahap ke dua itu seluruhnya dipusatkan di gudang instalasi farmasi.

“Kami sudah menyiapkan personel untuk tim teknis dropping secara bertahap ke puskesmas dan RS. Tentunya, dengan menunjuk tim khusus," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Tolak Keras Investasi Miras dari Tahanan, Habib Rizieq: Miras Induk dari Semua Bentuk Maksiat.
  • Ketua DPC Kabupaten Tegal Dipecat, Bantah Terima Duit Rp30 Juta.

Berita Terkait

Berita Terbaru