Vaksinasi Booster di Kota Tegal Prioritaskan Lansia Berumur 60-102 Tahun

TEGAL - Pemkot Tegal akan memulai pemberian vaksin dosis ketiga atau booster. Nantinya, pemberiannya diprioritaskan kepada lansia usia 60-102 tahun.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan pemberian vaksin booster dilakukan, lantaran Kota Bahari sudah memenuhi syarat.

"Vaksinasi tahap ketiga atau booster di Kota Tegal sudah dimulai dengan proritas lansia 60 -102 tahun. Sedangkan usia 18-59 ini prioritasnya baru untuk kepesertaan BPJS yang Penerima Biaya Iuran (PBI), ASN, TNI POLRI tahap ke tiga kita mulai," katanya, Jumat (14/1) siang, di Alun-alun.

Disebutkan Dedy Yon, syarat pelaksanaan vaksinasi booster itu antara lain umur 6-11 tahap ke satu 70 persen dan tahap kedua 60 persen. Kemudian, intervalnya enam bulan plus satu hari.

Menurut Dedy Yon, masing-masing titik nanti ada tim vaksinasi di 27 kelurahan, puskesmas delapan tim, Aun-alun dan Taman Pancasila ini ada 8 tim. "Semua kegiatan vaksinasi merupakan kerja tim yang kompak bersama ASN, TNI, dan Polri," tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M. Ismail Fahmi mengutarkan tujuan dari vaksinasi diantaranya mencegah sakit berat dan mendukung pembelajaran tatap muka.

Selain itu, juga meminimalisasi penularan di sekolah atau satuan pendidikan dan mempercepat tercapainya herd immunity.

Fahmi menyebut, sampai dengan saat ini telah tervaksin 21.769 siswa. Itu, terdiri dari jenjang TK/PAUD sebanyak 1.048 siswa dan jenjang SD sebanyak 20.721 siswa.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Primawati Indraswari menyampaikan hari pertama pelaksanaan vaksinasi untuk anak TK/PAUD ada 1.300 sasaran siswa PAUD/TK kecil yang umur 6 tahun. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru