Wali Kota Tegal Dedy Yon Buka Muscab HNSI

KOTA TEGAL - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono membuka Musyawarah Cabang (MUSCAB) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal 2022 di KUD Karya Mina, Kamis (23/6) siang.

Pada kesempatan itu, dirinya berharap nelayan dapat bersinergi dengan pemkot.

Saat memberikan sambutan, Dedy Yon Supriyono meminta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menyusun program kerja yang dapat menaikkan derajat dan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Wali kota juga berharap, pengurus yang terpilih akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tegal serta stakeholder lainnya.

"Dengan begitu, pemerintah dan HNSI dapat menjadi mitra dalam rangka membangun nelayan yang kuat. Apalagi, Kota Tegal dikenal sebagai kota bahari yang nelayannya merupakan modal dasar pembangunan, yang perlu dibina dan didorong untuk menggali dan memanfaatkan secara lestari sumber daya kelautan," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal Sirat Mardanus menyampaikan, pihaknya siap untuk bersinergi dengan organisasi profesi seperti HNSI dan organisasi lainnya. Itu untuk sama-sama membangun Kota Tegal dari sektor perikanan.

"Kami siap mendukung apa yang menjadi aspirasi nelayan Kota Tegal," kata Sirait.

Menurutnya, dari catatan disdukcapil, berdasarkan data KTP penduduk yang profesinya nelayan ada 8.500 orang. Potensi yang besar itu bila digali lagi maka akan lebih banyak lagi.

"Kami berharap HNSI lebih dinamis, kami optimis adanya para pemuda yang kober mengurusi nelayan," ujar Sirat.

Ketua HNSI Provinsi Jawa Tengah Riswanto, menyampaikan siapapun yang akan terpilih bisa mengakomodir permasalahan dan harapan bagi nelayan Kota Tegal.

Dia berharap, nanti HNSI bisa bersinergi dengan pemkot, TNI-POLRI agar sama-sama mendorong kesejahteraan nelayan Kota Tegal.

Plt. Ketua HNSI Kota Tegal Eko Susanto menyampaikan, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia merupakan wadah bagi nelayan. Kondisi saat ini nelayan sedang tidak baik-baik saja karena kenaikan harga BBM.

Eko juga berharap nantinya kepengurusan HNSI Kota Tegal tahun 2022-2027 dapat berpihak pada nelayan.

Dia pun berharap, nantinya jangan sampai ada regulasi-regulasi yang membuat kepunahan bagi profesi nelayan. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terbaru