Zulkifli Hasan Janji Sebulan Selesaikan Masalah Minyak Goreng, Politisi PKS: Berisiko Timbulkan Masalah Baru

JAKARTA - Mahalnya harga minyak goreng yang masih terjadi di pasaran menjadi fokus Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). Mendag baru yang menggantikan M Lutfi itu mentargetkan sebulan bisa menyelesaikan persoalan minyak goreng tersebut.

Keyakinan Zulhas itu karena menurutnya biang masalah minyak goreng yang selama ini menjadi persoalan tata niaganya sudah di tangannya. “Penyebab kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng ini sudah dipelajari. Targetnya sebulan bisa diselasaikan.”

Selain itu, ungkap Zulhas, pemerintah juga sudah menyiapkan tiga jalur distribusi untuk mempermudah masyarakat mendapatkan minyak goreng curah. Ketiga jalur distribusi tersebut tersebar di 10 ribuan titik.

“Sekarang lagi saya suruh instal di 10 ribu titik lebih itu agar orang bisa membeli dengan harga Rp14 ribu,” terang Zulhas, Senin (20/6).

Ditambahkan Zulhas, Kemendag siap mengembangkan minyak goreng curah dalam bentuk kemasan sederhana secara bertahap. Dengan cara ini, diharapkan akan lebih mempermudah dalam distribusi ke berbagai daerah.

Sehingga kemasan minyak goreng itu bisa diterima di mana-mana nantinya. Selain itu, jalur distribusinya juga akan lebih mudah.

“Jadi doakanlah mudah-mudahan minyak curah ini satu bulan, dua bulan ini target kita akan terlaksana Rp 14 ribu,” tambah Zulhas.

Sebelumnya Menteri diberitakan bahwa, Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mengakui bahwa jabatan barunya sebagai mendag bukan suatu pekerjaan yang mudah.

Zulhas menyebut untuk memastikan ketersediaan bahan pokok tetap aman dengan harga yang murah sebuah pekerjaan yang sulit.

Untuk mewujudkan hal itu, Zulhas mengatakan bahwa diperlukan koordinasi dan juga kolaborasi yang baik antar lini yang berkaitan dan akan melakukan pengemasan minyak goreng curah dalam kemasan.

Menanggapi rencana tersebut, Anggota DPR Komisi VII dari Fraksi PKS, Mulyanto mengaku tak setuju dengan wacana Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang akan mengganti minyak goreng (migor) curah dengan kemasan sederhana.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto melayangkan kritik kepada Zulhas terkait idenya menghapus minyak goreng curah dari pasaran.

Seperti diketahui, saat mengunjungi Pasar Cibubur, Kamis (16/6) lalu, Zulhas menyatakan akan mengganti minyak goreng curah dengan kemasan sederhana di depan para pedagang.

Kata Mulyanto, harusnya Mendag baru hadir dengan gagasan-gagasan dan terobosan baru. Namun, katanya, ini justru baliknya, malah bolak-balik pada wacana lama yang berisiko menimbulkan masalah baru. (dis/zul)

Baca Juga:

  • Brigadir Joshua 2 Kali Bertengkar dengan Bripka RR di Magelang dan Jakarta, Sebelum Akhirnya Ditembak Mati.
  • Pistol Glock 17 untuk Tembak Mati Brigadir J Bukan Milik Bharada E, Tapi Milik Ajudan Istri Ferdy Sambo.

Berita Terkait

Berita Terbaru