Ekonomi
Share this on:

Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

  • Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman
  • Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

JAKARTA - Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan uang di perbankan selama libur Lebaran. Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang beredar Rp188,2 triliun. Meningkat 15,3 persen daripada tahun lalu yang sebesar Rp163,2 triliun.

Setiap tahun persediaan uang saat Ramadan dan Idul fitri naik 13,9 persen. Hingga pekan lalu, outflow dari uang tersebut sudah mencapai Rp187,8 trililun.

BI juga mengimbau perbankan agar menyediakan uang tunai yang cukup selama perayaan Lebaran. Terutama di mesin-mesin automated teller machine (ATM). Sebab, kebutuhan penarikan uang tunai selama Lebaran biasanya meningkat.

’’Kami sudah berkoordinasi dengan bank agar mereka meningkatkan kesiapan persediaan uang,’’ kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi akhir pekan lalu.

Beberapa waktu lalu beberapa mesin ATM di Bekasi dan Jakarta dari sejumlah bank sempat dikeluhkan masyarakat karena sering offline. Stok uangnya tidak memadai. Menurut Rosmaya, perbankan harus cepat-cepat mengatasi ATM yang offline. Dia berharap, masalah ATM offline bisa ditekan seminimal mungkin.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas mengatakan, perbankan secara rutin mengisi ATM. Selama menghadapi Lebaran, frekuensinya diperbanyak. Bank Mandiri menyediakan Rp 57 triliun untuk kebutuhan Lebaran. Naik 10 persen dari perayaan Lebaran tahun lalu.

Sedangkan untuk ATM offline, hal itu akan berusaha ditekan oleh perseroan. ’’ATM offline itu kadang terjadi karena ada perbaikan di jaringan. Selama Lebaran ini kami sudah tingkatkan kapasitas untuk mengurangi dan mengatasi itu,’’ ujarnya.

Layanan distribusi Bank Mandiri dilengkapi dengan 17.429 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono menambahkan, BTN menyediakan Rp14,55 triliun untuk kebutuhan Lebaran. Angka tersebut dihitung dengan rata-rata kebutuhan likuiditas per hari sebesar Rp1,2 triliun. Sebagian besar dana tunai tersebut disiapkan untuk ATM sebagai dana tunai.

BTN memiliki 2.047 ATM dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. ’’Mobil kas keliling kami siapkan 23 unit yang akan disebar di lokasi jalur mudik, seperti rest area, pintu tol, terminal, pelabuhan, dan masjid raya, tanggal 11 hingga 14 Juni. Sedangkan 18–20 Juni, mobil kas keliling akan beroperasi di lokasi tempat wisata,’’ kata Maryono.

BTN juga telah meningkatkan jaringannya untuk menghindari ATM offline. Namun, Maryono mengimbau agar masyarakat memperbanyak transaksi nontunai melalui e-channel lain agar tidak perlu repot bolak-balik ke ATM. (rin/res/c4/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Cadangan Devisa Terus Menyusut
Cadangan Devisa Terus Menyusut

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rupiah Rp15.235 Per Dolar, Perbankan Jangan Panik

Rupiah Rp15.235 Per Dolar, Perbankan Jangan Panik

Nilai tukar rupiah terus bergejolak, bahkan makin lemah. Merujuk data Bloomberg, pada penutupan perdagangan kemarin (9/10), rupiah berada di level Rp 15.237,5 p


Stok Beras Aman, Perlu Satukan Data Kementan dengan BPS

Stok Beras Aman, Perlu Satukan Data Kementan dengan BPS

Stok beras dinilai cukup untuk menyuplai kebutuhan hingga tutup tahun 2018.


Perbankan Kerek Dana Murah

Perbankan Kerek Dana Murah

Perbankan terus mendorong pertumbuhan dana murah (current account savings account/CASA).


Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Bulog pekan lalu menggelontorkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) melalui operasi pasar.


Rupiah Menguat, Waspadai Sentimen Global

Rupiah Menguat, Waspadai Sentimen Global

Pergerakan positif rupiah berlanjut. Berdasar data Bloomberg, kemarin (7/9) mata uang Garuda ditutup di level Rp 14.820 per dolar AS.


Rupiah Tembus Rp14.771 Per Dollar

Rupiah Tembus Rp14.771 Per Dollar

Tekanan ke mata uang rupiah tak kunjung reda. Merujuk data Reuters, kemarin (30/8) kurs rupiah bergerak ke level Rp14.771 per dolar AS (USD).


Kredit BRI Tumbuh Double-Digit

Kredit BRI Tumbuh Double-Digit

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk beserta entitas anak perusahaan mencatat kinerja positif di atas rata-rata perbankan nasional.


Tekanan terhadap Rupiah Mulai Reda

Tekanan terhadap Rupiah Mulai Reda

Di pasar uang, tekanan terhadap rupiah mulai reda.


Rangkul Nasabah, Dekati Komunitas

Rangkul Nasabah, Dekati Komunitas

Perbankan syariah terus berupaya mendorong pertumbuhan jumlah nasabah. Salah satu strategi yang diambil adalah mendekati basis-basis komunitas.


Perbankan Dorong UMKM Naik Kelas

Perbankan Dorong UMKM Naik Kelas

Tak hanya mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru, perbankan juga memfasilitasi pelaku usaha yang sudah berjalan untuk naik kelas.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!