Ekonomi
Share this on:

Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

  • Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman
  • Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

JAKARTA - Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan uang di perbankan selama libur Lebaran. Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang beredar Rp188,2 triliun. Meningkat 15,3 persen daripada tahun lalu yang sebesar Rp163,2 triliun.

Setiap tahun persediaan uang saat Ramadan dan Idul fitri naik 13,9 persen. Hingga pekan lalu, outflow dari uang tersebut sudah mencapai Rp187,8 trililun.

BI juga mengimbau perbankan agar menyediakan uang tunai yang cukup selama perayaan Lebaran. Terutama di mesin-mesin automated teller machine (ATM). Sebab, kebutuhan penarikan uang tunai selama Lebaran biasanya meningkat.

’’Kami sudah berkoordinasi dengan bank agar mereka meningkatkan kesiapan persediaan uang,’’ kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi akhir pekan lalu.

Beberapa waktu lalu beberapa mesin ATM di Bekasi dan Jakarta dari sejumlah bank sempat dikeluhkan masyarakat karena sering offline. Stok uangnya tidak memadai. Menurut Rosmaya, perbankan harus cepat-cepat mengatasi ATM yang offline. Dia berharap, masalah ATM offline bisa ditekan seminimal mungkin.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas mengatakan, perbankan secara rutin mengisi ATM. Selama menghadapi Lebaran, frekuensinya diperbanyak. Bank Mandiri menyediakan Rp 57 triliun untuk kebutuhan Lebaran. Naik 10 persen dari perayaan Lebaran tahun lalu.

Sedangkan untuk ATM offline, hal itu akan berusaha ditekan oleh perseroan. ’’ATM offline itu kadang terjadi karena ada perbaikan di jaringan. Selama Lebaran ini kami sudah tingkatkan kapasitas untuk mengurangi dan mengatasi itu,’’ ujarnya.

Layanan distribusi Bank Mandiri dilengkapi dengan 17.429 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono menambahkan, BTN menyediakan Rp14,55 triliun untuk kebutuhan Lebaran. Angka tersebut dihitung dengan rata-rata kebutuhan likuiditas per hari sebesar Rp1,2 triliun. Sebagian besar dana tunai tersebut disiapkan untuk ATM sebagai dana tunai.

BTN memiliki 2.047 ATM dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. ’’Mobil kas keliling kami siapkan 23 unit yang akan disebar di lokasi jalur mudik, seperti rest area, pintu tol, terminal, pelabuhan, dan masjid raya, tanggal 11 hingga 14 Juni. Sedangkan 18–20 Juni, mobil kas keliling akan beroperasi di lokasi tempat wisata,’’ kata Maryono.

BTN juga telah meningkatkan jaringannya untuk menghindari ATM offline. Namun, Maryono mengimbau agar masyarakat memperbanyak transaksi nontunai melalui e-channel lain agar tidak perlu repot bolak-balik ke ATM. (rin/res/c4/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Cadangan Devisa Terus Menyusut
Cadangan Devisa Terus Menyusut

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemerintah Dinilai Kaku Soal Pelarangan Mata Uang Libra

Pemerintah Dinilai Kaku Soal Pelarangan Mata Uang Libra

Terkait pemerintah melarang mata uang libra yang akan dikeluarkan Facebook pada awal 2020 mendatang, pengamat ekonomi menilai pemerintah masih sangat kaku.


Lebaran, Penumpang Kapal Naik Drastis

Lebaran, Penumpang Kapal Naik Drastis

Pengguna kapal laut yang dioperatori oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) pada musim Lebaran tahun ini meningkat drastis.


Indonesia Zona Aman Perang Dagang AS-Tiongkok

Indonesia Zona Aman Perang Dagang AS-Tiongkok

Perang dagang Amerika dan Tiongkok tak terlalu berimbas pada iklim investasi Indonesia. Malah bisa dibilang surplus.


Duh... Uang Koin Terabaikan

Duh... Uang Koin Terabaikan

Sebagian masyarakat sering ditolak jika belanja pakai uang koin. Kata pedagang, uang tersebut sudah tak laku di pasaran.


Inflasi Dipengarui Harga Cabai dan Bawang

Inflasi Dipengarui Harga Cabai dan Bawang

Seperti tahun-tahun sebelumnya, inflasi Lebaran kali ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.


Bisnis Ritel Untung Besar saat Lebaran

Bisnis Ritel Untung Besar saat Lebaran

Sejumlah sektor bsinis ritel modern mendapatkan kecipretan dari berkah bulan Ramadan dan Lebaran.


Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

Usai Lebaran Harga Beras Potensi Naik

Sejumlah komoditas pangan relatif stabil saat Ramadan dan Lebaran 2019. Hanya cabai dan bawang merah yang mengalami lonjakan hingga Lebaran.


Kredit Perbankan Melambat

Kredit Perbankan Melambat

Bank Indonesia (BI) mencatat terjadinya perlambatan kredit perbankan pada April lalu.


Tarif Listrik untuk Industri dan Bisnis saat Lebaran Didiskon

Tarif Listrik untuk Industri dan Bisnis saat Lebaran Didiskon

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan diskon tarif listrik untuk kalangan industri dan bisnis.


Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Transaksi E-Money di Tol Diperkirakan Naik 20 Persen

Bank Mandiri memperkirakan volume transaksi uang elektronik e-money di jalan tol akan mengalami kenaikan 20 persen selama periode libur Lebaran 2019.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!