Sport
Share this on:

Ginting Tantang Chen Long, Jojo Jumpa Axelsen Lagi

  • Ginting Tantang Chen Long, Jojo Jumpa Axelsen Lagi
  • Ginting Tantang Chen Long, Jojo Jumpa Axelsen Lagi

**** - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting sukses menembus ke babak perempat final Singapore Open 2019. Kepastian itu didapat usai Anthony menyingkirkan Kenta Nishimoto di babak kedua. Dalam pertarungan yang digelar di Singapura Indoor Stadium, Kamis (11/4) kemarin, Anthony yang unggulan ketujuh dalam turnamen tersebut berhasil mengalahkan wakil Jepang itu dalam dua set langsung dengan skor 21-10 dan 21-16.

Meski berhasil meraih kemenangan atas Kenta, namun Anthony mengaku sempat disulitkan dengan kondisi lapangan yang berangin. Bagus, dikatakannya ia mampu mengendalikan itu semua dan berhasil menang dua set langsung. "Game pertama lawan kalah angin, tapi banyak bola tanggung, jadi enak buat saya menyerang. Di game kedua saya kalah angin, dia coba menerapkan seperti tipe saya tadi, tapi saya coba buat mengantisipasinya," ungkap Anthony seperti dikutip situs resmi PBSI, Kamis (11/4) kemarin.

Kemenangan yang didapat oleh Anthony ini juga sekaligus memabalas kekalahan dari Kenta pada ajang Malaysia Open 2019, pekan lalu. Pada saat itu, Anthony kalah lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-18, 13-21 dan 21-23. Selain itu, kemenangan ini juga menjadikan rekor pertemuan mereka menjadi imbang 2-2 dari empat kali pertemuannya sejak 2017 lalu.

Oleh sebab itu, Anthony mengaku pertemuan terakhirnya denga Kenta di ajang sebelumnya, dijadikan pembelajaran bagi dirinya. "Puji Tuhan hari ini bisa dapat hasil yang diinginkan, lolos ke babak berikutnya. Saya belajar dari pertemuan kemarin. Waktu di Malaysia kemarin tipenya hampir sama, ada menang kalah angin juga. Cuma waktu di Malaysia dia bisa melakukan strategi yang tepat dibanding saya. Kalau hari ini kebalikannya, saat ini saya banyak inisiatif buat menyerangnya," jelas Anthony.

Menurut Anthony kekalahan kemarin di Malysia open 2019, lantaran dirinya bermain terlalu terburu-buru dan banyak melakukan kesalahan sendiri. "Kalau kemarin masih ada rasa nggak sabarnya, jadi buru-buru malah mati sendiri. Tapi tadi lebih bisa mengontrol. Bola yang enak sekali pun, tapi kalau feelingnya nggak enak buat ambil poin, saya tetap lebih mengontrol dan nggak menggebu-gebu buat menyerang," tambahnya.

Dengan kemenangan ini, Anthony berhak atas tiket babak perempatfinal Singapore Open 2019. Di babak delapan besar itu, tunggal putra asal Indonesia yang kini duduk di peringkat sembilan dunia itu bakal menghadapi wakil China, Chen Long.

Meski memiliki catatan baik dari pertemuannya dengan Chen Long yakni 5-3. Namun, Anthony tidak ingin merasa jumawa. Menurutya, ia hanya ingin fokus di setiap pertandingan meski siapapun lawannya. "Mau lawan siapapun besok, saya mau fokus aja sih. Setelah ini recovery terus malam mungkin nonton video pertandingan terakhir ketemu mereka. Saya tidak mau anggap remeh meskipun head to head saya masih unggul, karena kan itu tidak menjamin kemenangan saya besok," tukas Anthony.

Hasil baik juga diterima tunggal putra Indonesia lainnya yakni, Jonatan Christie. Pemain yang akrab disapa Jojo itu juga sukses melangkah ke babak delapa besar usai menyingkirkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-12.

Dalam pertarungan di tempat yang sama, peraih medali emas Asian Games 2018 ini hanya perlu 31 menit untuk melumpuhkan permainan Lee. Kemenangan ini menambah catatan tak terkalahkan Jojo yang kini menduduki peringkat delapan dunia atas Lee menjadi 4-0. Terkahir mereka bertemu dalam ajang Swiss Open 2019, dimana kala itu Jojo menang dengan skor 9-21 dan 17-21.

Sementara itu dari sektor tungal putri, Ruselli Hartawan gagal merebut tiket perempatfina dari unggulan ketujuh asal Korea, Sung Ji Hyun. Ruselli kalah atas Sung Ji dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-7. Ruselli mengakui masih banyak yang harus ditingkatkan dalam penampilannya, baik secara teknik dan non teknik.

Menurutnya, dirinya banyak mengambil pelajaran dari pertemuannya dengan Sung. Ia juga berharap, tahun ini bisa meningkatkan rangkingnya ke dua puluh besar dunia. Saat ini ia masih berjajar di peringkat 44 dunia.

"Daya tahan saya harus diperbaiki dan akurasi bola saya juga masih gampang nanggung, gampang buang bola. Target saya tahun ini masuk rangking 20 atau 30 dulu. Karena rangking saya saat ini masih jauh. Saya ingin maksimal setiap dikasih kesempatan untuk bertanding," papar Ruselli.

Hasil itu membuat wakil tunggal putri Indonesia tak tersisa di ajang ini, setelah sebelumnya Fitriani, Gregoria Mariska Tanjung, Lyanny Alessandra Mainaky serta Yulia Yosephin Susanto harus angkat koper di babak pertama.(gie/fin/zul/wsa)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig akhirnya bisa bernafas lega. Salah satu pebalapnya Jorge Lorenzo berhasil melewati masa pemulihanya.


Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo tampil impresif di race MotoGP Austria, Minggu (11/8) lalu.


Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

PSIS Semarang mengumumkan tidak lagi memakai jasa Jafri Sastra sebagai pelatih tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.



Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Bulu tangkis Japan Open 2019 terus berlanjut hingga ke babak final.


Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto berhasil lolos ke babak perempatfinal Japan Open 2019.


Tunggal Putri Merah Putih Gagal Lagi

Tunggal Putri Merah Putih Gagal Lagi

Nasib berbeda diterima wakil Indonesia pada sektor tunggal putra dan putri di Japan Open 2019.


Bek Persebaya Otavio Dutra Segera Jadi WNI

Bek Persebaya Otavio Dutra Segera Jadi WNI

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra selangkah lagi bakal menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi.


Sempat Drop, Jojo Alami Kendala Teknik

Sempat Drop, Jojo Alami Kendala Teknik

Jonatan Christie masih terus berusaha untuk memoles penampilannya di tiap pertandingan.


Jojo, Minions, dan The Daddies Lolos ke Babak Kedua

Jojo, Minions, dan The Daddies Lolos ke Babak Kedua

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon (Minions) dan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan (The Daddies) lolos ke putaran kedua Japan Open



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!